Faktor
– faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik
1. Faktor internal
Yaitu factor yang ada
dalam diri siswa itu sendiri yang meliputi pembawaan dan potensi psikologis
tertentu yang turut mengembangkan dirinya sendiri. Dengan demikian factor
internal bisa dibagi menjadi 2 macam factor pisik dan factor psikis.
a.
Faktor pisik
Di dunia ini orang
mempunyai bentuk tubuh yang bermacam – macam. Ada yang tinggi ceking, ada yang
pendek gemuk, dan ada yang sedang antara tinggi dan besar badanya. Sudah jelas,
masing – masing mmpunyai pengaruh tersendiri bagi perkembangan seorang anak.
b.
Faktor psikis
Dalam hal kejiwaan, ada
anak periang, sehingga banyak pergaulan. Akan tetapi ada pula yang selalu
tampak murung, pendiam, mudah tersinggung karenanya suka menyendiri.
2.
Faktor Eksternal
Yaitu hal – hal yang
datang atau ada diluar diri siswa yang meliputi lingkungan (khususnya pendidikan)
dan pengalaman berinteraksi siswa tersebut dengan lingkungan. Factor eksternal
dibagi menjadi 6 macam : factor biologis, physis, ekonomis, cultural, edukatif,
dan religious.
a.
Faktor biologis
Bisa
diartikan, biologis dalam konteks ini adalah factor yang berkaitan dengan
keperluan primer seorang anak pada awal kehidupanya: Factor ini wujudnya berupa
pengaruh yang datang pertama kali dari pihak ibu dan ayah.
b.
Faktor phyis
Maksudnya
adalah pengaruh yang datang dari lingkungan geografis, seperti iklim keadaan
alam, tingkat kesuburan tanah, jalur komunikasi dengan daerah lain, dsb. Semua
ini jelas membawa dampak masing – masing terhadap perkembangan anak – anak yang
lahir dan dibesarkan disana.
c.
Faktor ekonomis
Dalam proses perkembanganya. Betapapun ukuranya
bervariasi, seorang anak pasti memerlukan biaya. Biaya untuk makan dan minum
dirumah, tetapi juga untuk membeli alat
– alat sekolah.
d.
Faktor cultural
Di
Indonesia ini saja dari aceh sampai Irian jaya, jika dihitung ada berpuluh
bahkan beratus kelompok masyarakat yang masing – masing mempunyai kultur,
budaya, adat istiadat, dan tradisi tersendiri, dan hal ini jelas berpengaruh
terhadap perkemangan anak – anak.
e.
Faktor edukatif
Pendidikan
tak dapat disangkal mempunyai pengaruh terhadap perkembangan anak manusia.
Malah karena sifatnya berencana dan sering kali diusahakan secara teratur,
faktor pendidikan ini relatif paling besar pengaruhnya disbanding factor yang
lain manapun juga.
Sebagai
contoh seorang anak kyai, sudah pasti ia akan berebeda dengan anak lain yang
tidak menjadi kyai, yang sekedar terhitung orang beragama, lebih – lebih yang
memang tidak beragama sama sekali, ini adalah soal perkembangan pula,
menyangkut proses terbentunya prilaku seorang anak dengan agama sebagai faktor
penting yang mempengaruhinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar