Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Berbasis CTL
Sekolah : SD Negeri Kaliwungu 05
Mata pelajaran : IPA
Kelas / semester : VI/ I
Alokasi waktu : 2 X 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
·
Siswa mampu
memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan dan
pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan.
B.
Kompetensi
Dasar
·
Mengidentifikasi
kegiatan yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam.
·
Mengidentifikasi
bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia.
·
Mengidentifikasi
bagian hewan yang sering dimanfaatkan manusia.
·
Mengidentifikasi
jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan.
·
Mendeskripsikan
pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup.
C.
Indikator
·
Mengetahui
kegiatan manusia yang dapat merusak alam.
·
Mengetahui
kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kelestarian tumbuhan.
·
Mengetahui
kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kelestarian hewan.
·
Mengetahui
bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia.
·
Mengetahui
bagian hewan yang sering dimanfaatkan manusia.
·
Mengetahui
jenis hewan yang mendekati kepunahan (hewan langka/yang dilindungi).
·
Menjelaskan
penyebab terjadinya kelangkaan hewan tersebut.
·
Mengetahui
jenis tumbuhan yang mendekati kepunahan (tumbuhan langka/yang dilindungi).
·
Menjelaskan
penyebab terjadinya kelangkaan tumbuhan tersebut.
·
Menjelaskan
pentingnya melestarikan jenis tumbuhan bagi kehidupan dan kelestarian alam.
·
Menjelaskan
pentingnya melestarikan jenis hewan bagi kehidupan dan kelestarian alam.
D.
Tujuan
·
Siswa dapat
mengetahui kegiatan manusia yang dapat merusak alam.
·
Siswa dapat mengetahui
kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kelestarian tumbuhan.
·
Siswa dapat mengetahui
kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kelestarian hewan.
·
Siswa dapat mengetahui
bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia.
·
Siswa dapat mengetahui
bagian hewan yang sering dimanfaatkan manusia.
·
Siswa dapat mengetahui
jenis hewan yang mendekati kepunahan (hewan langka/yang dilindungi).
·
Siswa dapat menjelaskan
penyebab terjadinya kelangkaan hewan tersebut.
·
Siswa dapat
mengetahui jenis tumbuhan yang mendekati kepunahan (tumbuhan langka/yang
dilindungi).
·
Siswa dapat
menjelaskan penyebab terjadinya kelangkaan tumbuhan tersebut.
·
Siswa dapat
menjelaskan pentingnya melestarikan jenis tumbuhan bagi kehidupan dan
kelestarian alam.
·
Siswa dapat
menjelaskan pentingnya melestarikan jenis hewan bagi kehidupan dan kelestarian
alam.
E.
Materi
Pelajaran
1.
Manusia dan
keseimbangan lingkungan.
2.
Pelestarian
hewan dan tumbuhan.
F.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan CTL.
2.
Ceramah,
diskusi, tutor, tanya jawab, quis.
G.
Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan awal
a.
Mengisi daftar
kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
b.
Memotivasi
siswa untuk mengeluarkan pendapat dan tanya jawab tentang materi yang akan
diajarkan.
2.
Kegiatan inti
(Misal 1 kelas ada 30 siswa).
Materi diskusi :
I.
Mengidentifikasi
kegiatan yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam.
II.
Mengidentifikasi
bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia.
III.
Mengidentifikasi
bagian hewan yang sering dimanfaatkan manusia.
IV.
Mengidentifikasi
jenis hewan yang mendekati kepunahan.
V.
Mengidentifikasi
jenis tumbuhan yang mendekati kepunahan.
VI.
Mendeskripsikan
pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup.
a.
Membagi siswa
menjadi 6 kelompok.
b.
Tiap kelompok
membahas/ berdiskusi materi yang berbeda sesuai dengan urutan materi diskusi di
atas. Tiap anggota kelompok harus benar-benar memahami dan menguasai materi
tersebut karena mereka akan menjadi tutor dan disebar ke kelompok yang lain
untuk menjelaskan materi tersebut. Harus ditentukan pont-point apa saja yang
akan dijelaskan, sehingga tiap kelompok yang lain akan mendapatkan penjelasan
materi yang sama dari tiap anggota kelompok tersebut.
c.
Setelah semua
kelompok selesai berdiskusi dan siap dengan materi yang akan disampaikan,
dimulailah kegiatan tutor-tutoran dimana tiap anggota harus menjadi tutor bagi
kelompok lain.
d.
Dimulai dari
kelompok I, anggota kelompok I menyebar ke kelompok lain (dia menjadi tutor)
menjelaskan materinya pada kelompok tersebut.
e.
Setelah selesai
menjelaskan, para tutor/anggota kelompok I berkumpul kembali.
f.
Guru memberi
beberapa pertanyaan (quis) untuk siswa kelompok II-VI tentang materi I ,
anggota kelompok I tidak boleh ikut menjawab. Siswa yang bisa menjawab akan
diberi nilai begitu juga dengan tutor yang menjelaskan padanya juga akan diberi
nilai. (Jadi anggota kelompok I tidak boleh ikut menjawab namun bisa tetap
mendapat nilai jika siswa yang menjawab adalah siswa yang mendapat penjelasan
darinya).
g.
Begitu
seterusnya sampai kelompok VI/sampai semua kelompok menjadi tutor.
3.
Kegiatan akhir
a.
Guru bersama
siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas untuk lebih memberi pemahaman pada
siswa.
b.
Memberi tugas
untuk dikerjakan di rumah.
c.
Guru
mengumumkan kelompok terbaik dalam berdiskusi dan dalam menyampaikan materi
serta memberi reward/hadiah pada kelompok tersebut.
H.
Alat/Bahan
/Sumber belajar
1.
Buku IPA 6, hal.
35-64 karangan Yayat Ibayati, dkk.
2.
Buku Senang
Belajar IPA, hal. 45-78 karangan Rositawati- Aris Mubaram.
I.
Penilaian
1.
Non tes berupa
lembar penilaian observasi saat siswa berdiskusi.
2.
Tes berupa tes tertulis.
Lampiran
Lampiran I Rangkuman
Materi
Lampiran II Soal quis
dan LKS
Lampiran III Kunci
jawaban
Lampiran IV Format
Penilaian
Kaliwungu,
21 Oktober 2011
Mengetahui
Kepala SDN Kaliwungu 05 Guru
Kelas VI
SULASTRI MUJI LESTARI
NIP 19653312 199207 1001 NIM
1003276
Tidak ada komentar:
Posting Komentar