Senin, 14 Januari 2013

Contoh RPP


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Berbasis CTL
Sekolah                       : SD Negeri Kaliwungu 05
Mata pelajaran             : IPA
Kelas / semester          : VI/ I
Alokasi waktu             : 2 X 35 menit
A.    Standar Kompetensi
·         Siswa mampu memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan dan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan.
B.     Kompetensi Dasar
·         Mengidentifikasi kegiatan yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam.
·         Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia.
·         Mengidentifikasi bagian hewan yang sering dimanfaatkan manusia.
·         Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan.
·         Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup.
C.     Indikator
·         Mengetahui kegiatan manusia yang dapat merusak alam.
·         Mengetahui kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kelestarian tumbuhan.
·         Mengetahui kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kelestarian hewan.
·         Mengetahui bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia.
·         Mengetahui bagian hewan yang sering dimanfaatkan manusia.
·         Mengetahui jenis hewan yang mendekati kepunahan (hewan langka/yang dilindungi).
·         Menjelaskan penyebab terjadinya kelangkaan hewan tersebut.
·         Mengetahui jenis tumbuhan yang mendekati kepunahan (tumbuhan langka/yang dilindungi).
·         Menjelaskan penyebab terjadinya kelangkaan tumbuhan tersebut.
·         Menjelaskan pentingnya melestarikan jenis tumbuhan bagi kehidupan dan kelestarian alam.
·         Menjelaskan pentingnya melestarikan jenis hewan bagi kehidupan dan kelestarian alam.
D.    Tujuan
·         Siswa dapat mengetahui kegiatan manusia yang dapat merusak alam.
·         Siswa dapat mengetahui kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kelestarian tumbuhan.
·         Siswa dapat mengetahui kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kelestarian hewan.
·         Siswa dapat mengetahui bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia.
·         Siswa dapat mengetahui bagian hewan yang sering dimanfaatkan manusia.
·         Siswa dapat mengetahui jenis hewan yang mendekati kepunahan (hewan langka/yang dilindungi).
·         Siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya kelangkaan hewan tersebut.
·         Siswa dapat mengetahui jenis tumbuhan yang mendekati kepunahan (tumbuhan langka/yang dilindungi).
·         Siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya kelangkaan tumbuhan tersebut.
·         Siswa dapat menjelaskan pentingnya melestarikan jenis tumbuhan bagi kehidupan dan kelestarian alam.
·         Siswa dapat menjelaskan pentingnya melestarikan jenis hewan bagi kehidupan dan kelestarian alam.
E.     Materi Pelajaran
1.      Manusia dan keseimbangan lingkungan.
2.      Pelestarian hewan dan tumbuhan.
F.      Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan CTL.
2.      Ceramah, diskusi, tutor, tanya jawab, quis.
G.    Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal
a.       Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
b.      Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat dan tanya jawab tentang materi yang akan diajarkan.
2.      Kegiatan inti
(Misal 1 kelas ada 30 siswa).
Materi diskusi :
                                        I.            Mengidentifikasi kegiatan yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam.
                                     II.            Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia.
                                  III.            Mengidentifikasi bagian hewan yang sering dimanfaatkan manusia.
                                  IV.            Mengidentifikasi jenis hewan yang mendekati kepunahan.
                                     V.            Mengidentifikasi jenis tumbuhan yang mendekati kepunahan.
                                  VI.            Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup.

a.       Membagi siswa menjadi 6 kelompok.
b.      Tiap kelompok membahas/ berdiskusi materi yang berbeda sesuai dengan urutan materi diskusi di atas. Tiap anggota kelompok harus benar-benar memahami dan menguasai materi tersebut karena mereka akan menjadi tutor dan disebar ke kelompok yang lain untuk menjelaskan materi tersebut. Harus ditentukan pont-point apa saja yang akan dijelaskan, sehingga tiap kelompok yang lain akan mendapatkan penjelasan materi yang sama dari tiap anggota kelompok tersebut.
c.       Setelah semua kelompok selesai berdiskusi dan siap dengan materi yang akan disampaikan, dimulailah kegiatan tutor-tutoran dimana tiap anggota harus menjadi tutor bagi kelompok lain.
d.      Dimulai dari kelompok I, anggota kelompok I menyebar ke kelompok lain (dia menjadi tutor) menjelaskan materinya pada kelompok tersebut.
e.       Setelah selesai menjelaskan, para tutor/anggota kelompok I berkumpul kembali.
f.       Guru memberi beberapa pertanyaan (quis) untuk siswa kelompok II-VI tentang materi I , anggota kelompok I tidak boleh ikut menjawab. Siswa yang bisa menjawab akan diberi nilai begitu juga dengan tutor yang menjelaskan padanya juga akan diberi nilai. (Jadi anggota kelompok I tidak boleh ikut menjawab namun bisa tetap mendapat nilai jika siswa yang menjawab adalah siswa yang mendapat penjelasan darinya).
g.      Begitu seterusnya sampai kelompok VI/sampai semua kelompok menjadi tutor.
3.      Kegiatan akhir
a.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas untuk lebih memberi pemahaman pada siswa.
b.      Memberi tugas untuk dikerjakan di rumah.
c.       Guru mengumumkan kelompok terbaik dalam berdiskusi dan dalam menyampaikan materi serta memberi reward/hadiah pada kelompok tersebut.
H.    Alat/Bahan /Sumber belajar
1.      Buku IPA 6, hal. 35-64 karangan Yayat Ibayati, dkk.
2.      Buku Senang Belajar IPA, hal. 45-78 karangan Rositawati- Aris Mubaram.

I.       Penilaian
1.      Non tes berupa lembar penilaian observasi saat siswa berdiskusi.
2.      Tes berupa tes tertulis.

Lampiran
Lampiran I         Rangkuman Materi
Lampiran II       Soal quis dan LKS
Lampiran III      Kunci jawaban
Lampiran IV      Format Penilaian



Kaliwungu, 21 Oktober 2011

            Mengetahui                                                                                                    
Kepala SDN Kaliwungu 05                                                               Guru Kelas VI                      
                                                           
            SULASTRI                                                                         MUJI LESTARI
NIP 19653312 199207 1001                                                            NIM 1003276


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com